BERITA SABUNG AYAM

Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula

Agen Bola Dan Sabung Ayam – Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula. Ayam Ras bukanlah istilah yang asing lagi, akan tetapi bagi mereka yang berkeinginan mengembangbiakkan Ayam jenis ini wajib mengetahui bagaimana cara terbaik agar mereka bisa segera mendapatkan keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa tips mengembangbiakkan Ayam Ras yang wajib diketahui oleh para pemula.

1. Mencari Lokasi Yang Tepat Untuk Melakukan Ternak Ayam

Ternak Ayam Ras merupakan sebuah bisnis yang memiliki skala cukup besar, oleh karenanya langkah pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan dimana lokasi yang tepat untuk memulai usaha tersebut. Biasanya lokasi yang terbaik adalah lokasi yang memiliki jarak tidak jauh dari tempat pemasaran. Sebab dengan demikian akan memudahkan kita sebagai peternak Ayam untuk melakukan transaksi jual beli serta mendapatkan pelanggan. Pastikan juga bahwa nantinya tempat kita tidak akan berpindah-pindah dalam jangka waktu cukup lama, dikarenakan seorang peternak ayam akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memastikan perkembangan dari ayam. Ini biasanya terjadi apabila ayam yang nantinya kita ternak, dimulai dari ukuran bibit anak ayam.

2. Usahakan Memilih Bibit Ayam Yang Berkualitas

Langkah kedua untuk mengembangbiakkan Ayam Ras adalah menentukan bibit Ayam. Pililah bibit anakan Ayam yang bagus dari Ayam yang berkualitas serta sudah teruji keunggulannya dan tidak ada cacat. Jadi apabila dilakukan penilaian, maka bisa diperhatikan dari fisik, Ayam akan berkembang dengan cepat dan besar, memiliki bulu sehat serta aktif dalam bergerak.

3. Memastikan Kualitas Dari Tempat Atau Kandang Ayam

Kandang yang bersih serta kokoh adalah merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi. Untuk para pemula pesanlah kandang ayam yang khusus, tidak mudah rusak serta berkapasitas banyak. Lalu melakukan perawatan, dengan membersihkan kotoran ayam yang ada dikandang dalam tempo satu minggu atau paling lama sebulan sekali. Dengan rajin membersihkan kandang ayam, maka ayam dipastikan bisa sehat serta tidak rentan terhadap sesuatu penyakit atau virus tertentu.

4. Menetapkan Jadwal Pemberian Pakan Ayam Dengan Seksama

Ayam ras memiliki takaran pemberian pakan yang berbeda berdasarkan jenjang umurnya. Untuk anakan ayam yang memiliki usia kurang dari satu bulan dipastikan harus lengkap serta harus mengandung zat gizi yang cukup tinggi. Dengan demikian ayam dapat berkembang dengan cepat. Pakan ayam yang akan diberikan harus terdiri dari zat kalium, serat, lemak, dan protein. Jangan memberikan pakan secara berlebihan karena dapat menyebabkan ayam kekenyangan. Sedangkan untuk minuman diharapkan mengandung obat anti-stress serta ditambahkan sedikit zat glukosa. Jadi pada masa ini, pakan dan minuman dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula
Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula

5. Berikan Alat Penghangat Khusus Di Dalam Kandang

Anakan ayam pada usia kurang dari satu bulan pada dasarnya sangat rentan dengan kematian yang disebabkan oleh suhu dingin. Jadi untuk bisa mengatasi masalah tersebut, wajib diberikan penghangat khusus didalam kandang. Adapun alat penghangat bisa diberikan dengan menggunakan bohlam lampu yang memiliki daya besar dengan tingkat keterangan yang maksimal. Dengan demikian anakan ayam mampu melindungi dirinya dari cuaca yang dingin sekalipun belum memiliki bulu.

6. Pemberian Vaksin Dengan Rutin

Anakan ayam juga harus diberikan vaksin untuk menghindarkan mereka dari bahaya virus. Umumnya vaksin atau imunisasi diberikan kepada anakan ayam yang berusia kurang dari satu bulan. Vaksin yang diberikan salah satunya adalah vaksin pencegah penyakit tetelo. Dengan adanya pemberian vaksin maka anakan ayam ras akan memiliki kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena serangan virus. Pemberian vaksin dapat dilakukan dengan mencampurkan didalam pakan atau minuman ayam. Ini harus dilakukan secara berkala, paling tidak dilakukan dua minggu sekali.

7. Hindari Ayam Dari Stress

Stres tidak hanya terjadi pada manusia saja, akan tetapi juga bisa terjadi pada hewan. Misalnya ayam, bagi jenis unggas ini apabila mengalami stres dipastikan akan segera mengalami kematian. Penyebabnya antara lain adalah suara bising, sesuatu yang berwarna warni, kandang tanpa penerangan dan faktor lainnya.

8. Diberikan Antibiotik Serta Kontrol Ternak Dengan Rutin

Penggunaan antibiotik biasanya dilakukan setelah pemberian vaksin. Dimana melakukan pencampuran zat antibiotik kedalam air minum ayam. Tujuannya agar ayam memiliki perlindungan ganda terhadap serangan virus penyakit. Selain pemberian vaksin dan antibiotik, kita juga wajib memeriksa kandang secara ayam rutin sampai masa panen datang. Kita mengecek kandang dengan seksama, ketersediaan pakan serta minum, kebersihhan kandangm kesehatan ayam dimana semua itu dilakukan 2 minggu sekali.

Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula
Tips Mengembangbiakkan Ayam Ras Bagi Pemula

9. Masa Panen Yang Diharapkan

Panen ayam ras biasanya dilakukan dalam 60 sampai dengan 75 hari. Hal tersebut bervariasi sesuai dengan jenis ayam itu sendiri. hasil utama dari ayam ras adalah daging serta kotoran ayam. Dagingnya bisa langsung untuk diperjualbelikan, sementara kotoran ayam tersebut nantinya akan diolah menjadi pupuk.

10. Pemotongan

Apabila sudah tiba masa memanen, ayam ras bisa kita jual di pasaran dengan posisi masih hidup atau juga dalam bentuk sudah terpotong. Jika dari awal menginginkan dalam bentuk potongan, itu juga ada tekniknya. Ayam bisa disiram dengan menggunakan air panas untuk memudahkan pencabutan bulu serta jangan lupa mengeluarkan isi perutnya. Dengan demikian ayam sudah bisa langsung diperjualbelikan kepada konsumen di pasaran.

Demikianlah serangkaian tips untuk Anda para ternak ayam ras yang masih baru untuk memulai usaha peternakan. Hal ini sangat mudah dilakukan apabila anda benar-benar mengikuti langkah-langkah dengan benar dan memperhatikan hal detailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *