BERITA SEPUTAR AYAM

Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam

Bahan bakar batubara yang biasa dijadikan pembangkit listrik telah melepaskan gas rumah kaca ke udara. Sisa pembakaran tersebut bisa menyebabkan polusi dan memicu perubahan iklim. Dari hasil penelitian memberitahukan kepada Sabung Ayam Online telah menemukan cara alternatif untuk mengurangi pencemaran udara, bahwa Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam.

Dikutip dari National Geographic Indonesia, di Israel, Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam bisa membantu upaya pembangkitan listrik sebanyak 10 persen batubara yang selama ini digunakan. Hal ini sudah dibuktikan dan telah berhasil mengembangkan cara untuk mengubah limbah unggas menjadi bahan bakar biomassa padat yang mudah terbakar.

Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam

Cara untuk menghasilkan Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam :

  • Kotoran ayam dimasukkan ke dalam pressure cooker atau panci presto
  • Dipanaskan dalam suhu 250 derajat celcius
  • Selama proses berlangsung, air bereaksi dengan cepat, dan proses kimia yang terjadi di dalam panci tersebut telah mengubah limbah organik menjadi bahan yang berperilaku seperti batu bara.

Sebelum Israel, pada Agustus 2009 Tiongkok sudah lebih dulu memanfaatkan limbah peternakan menjadi tenaga listrik. Tiongkok memasang mesin gas pertama di Tiongkok yang menghasilkan tenaga listrik dan panas dari 80.000 ton kotoran ayam.

Listrik yang dihasilkan itu bisa memenuhi kebutuhan listrik untuk 10.000 rumah di Beijing. Sekitar 60 ton kotoran ternaknya (dari 1.300 ayam dan 13 sapi), hanya menghasilkan listrik berdaya 500 watts.

Biogas ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti gas LPG untuk memasak di kompor. Tak hanya itu, abu sisa pembakaran biomassa ini bisa dijadikan pupuk yang kaya akan phosphorus dan kalium.

Pembangkit listik dari batu bara melepaskan gas yang memicu pemanasan global, salah satunya adalah CO2. Dengan memanfaatkan kotoran ayam ini, gas berbahaya yang bisa memicu pemanasan global akan menurun.

Keberhasilan ini tentunya tidak menutup kemungkinan untuk memicu penggunaan baru dari jenis-jenis limbah lainnya. Untuk jangka panjang, Sabung Ayam Online berharap Energi Pembangkit Listrik Bisa Dihasilkan Dari Kotoran Ayam bisa membantu menurunkan emisi gas rumah kaca secara signifikan di seluruh dunia.

Demikianlah pembahasan dari Sabung Ayam Online mengenai Energi Pembangkit Listrik Dari Kotoran Ayam. Semoga pembahasan ini dapat dengan mudah dimengerti dan dapat dijadikan pedoman bagi Anda dalam memilih ayam bangkok jawara yang berkualitas. Semoga menjadi berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *