BERITA SABUNG AYAM

Ciri-ciri Pukulan Ayam Aduan Bangkok Yang Mematikan

Seperti yang Pecinta Ayam ketahui bahwa di Indonesia terdapat banyak sekali jenis atau ras ayam aduan yang dibudidayakan, tapi sampai saat ini ayam bangkok tetap menduduki kasta paling atas untuk kategori jenis sabung ayam yang paling populer. Untuk ini Sabung Ayam Online akan membahas tentang Ciri-ciri Pukulan Ayam Aduan Bangkok Yang Mematikan yang dijadikan jagoan laga.

Ciri-ciri Pukulan Ayam Aduan Bangkok Yang Mematikan adalah ayam yang dapat dengan cepat menumbangkan lawannya hanya dalam waktu yang singkat. Untuk menilai ciri ayam aduan kualitas super bisa melakukan pengamatan seperti melihat bagian kepala, bagian tubuh dan bagian kaki ayam aduan. Tapi banyak pula yang mengatakan jika warna bulu juga bisa digunakan sebagai acuan pemilihan ayam aduan yang bagus.

Ciri-ciri Pukulan Ayam Aduan Bangkok Yang Mematikan

1. Kepala dengan Bentuk Buah Pinang

Pada dasarnya ayam aduan memiliki bentuk kepala yang beragam, namun bentuk kepala yang menyerupai buah pinang dianggap paling bagus di mata para pecinta ayam aduan. Alasannya ayam dengan kepala tersebut akan aktif dengan gaya ayam tipe pukul dan ayam tipe jalu. Jika kepala ayam berbentuk agak bulat dan tebal kemungkinan besar ayam itu adalah tipe pukul, kemudian jika bentuknya pipih (gepeng) kemungkinan besar ayam itu adalah tipe jalu.

2. Mata Cekung

Ayam yang memiliki mata cekung ke dalam akan tidak mudah terserang oleh jalu. Jadi dengan kata lain jika ayam yang matanya cekung ke dalam kemungkinan ayam buta karena jalu sangat kecil.

3. Pelipis Menonjol Keluar

Ayam yang pelipisnya menjulang keluar adalah ayam yang ganas dan brutal serta lebih terlihat berwibawah jika pelipisnya menonjol keluar.

4. Pipi Menonjol Keluar

Pada umumnya ayam melepaskan pukulan dari arah bawah ke atas, ukulan Pipi yang menonjol keluar akan mengurangi risiko ayam buta karena jalu. Selain itu pipi yang menonjol keluar menandakan jika kulit muka ayam aduan sudah tebal dan berarti ayam sudah sering diadu.

5. Paruh Melengkung

Paruh ayam aduan yang bagus adalah yang mampu mematuk lawannya dan tidak mudah lepas, selain itu juga tidak mudah pecah. Ayam aduan yang bagus memiliki bentuk paruh yang panjang, melengkung dan tidak mudah rusak jika terkena pukulan lawan.

6. Leher Tebal dan Rapat

Bentuk leher ayam aduan yang bagus yaitu tebal dan rapat. Bentuk tebal yaitu leher yang memiliki otot kuat dan mampu menahan pukulan yang keras. Sedangkan bentuk rapat yaitu pada bagian sambungan leher ke kepala dan badan tidak terasa renggang jika dipegang.

7. Bahu Tegap

Bahu yang tegap akan membuat pukulan ayam aduan menjadi lebih keras. Selain itu banyak yang mengatakan jika ayam dengan bahu yang tegap memiliki stamina yang bagus dan akurasi pukulan yang baik.

8. Dada Lebar

Dada ayam aduan adalah bagian yang paling sering terkena pukulan lawan, ayam yang memiliki dada bidang atau lebar terbukti memiliki teknik yang bagus dan merupakan ciri ayam aduan yang tahan terhadap pukukan.

9. Badan Panjang & Tegap

Terdapat dua tipe bentuk badan ayam aduan yaitu bronggal dan bulat. Idealnya ayam aduan yang bagus memiliki bentuk tubuh bulat dan panjang. Cara menilainya cukup mudah hanya dengan memegang bagian badan secara melingkar.

10. Sayap Panjang dan Rapat

Sayap adalah organ tubuh ayam yang sangat berpengaruh terhadap pukulan ayam aduan. Sayap yang panjang dan rapat akan mampu memberikan tolakan saat ayam melakukan pukulan dan menyeabkan pukulan jauh lebih kasar.

11. Paha Pipih Seperti Belalang

Ayam bangkok aduan dengan paha pipih akan lebih lincah dan ganas ketika di dalam arena. Paha berbentuk kaki belalang juga menjadi acuan untuk menentukan kualitas ayam aduan yang ideal.

12. Paha Lebih Panjang

Ciri yang satu ini merupakan ciri yang paling sering dipakai oleh para botoh untuk menilai pukulan ayam aduan. Ayam bangkok yang memiliki pukulan mematikan yaitu memiliki ciri paha lebih panjang dibandingkan dengan kaki bagian bawah.

13. Bulu Ekor Panjang & Lebat

Ayam aduan memiliki ekor panjang dan lebat merupakan ayam aduan yang memiliki pukulan mematikan dan stamina yang bagus.

14. Tulang Sampit Udang Rapat

Untuk mengenali ciri yang satu ini bisa dilakukan dengan memegang pangkal ekor ayam aduan dan menyentuh bagian bawah anus ayam. Jika tulang sampit udang pada ayam rapat maka ayam memiliki teknik tarung dan stamina yang bagus.

15. Minyak-minyak Tidak Cabang

Untuk melihat minyak-minyak pada ayam bisa dilakukan dengan cara mengangkat bulu di atas bulu ekor ayam aduan. Maka dengan begitu akan terlihat minyak-minyak ayam, idealnya ayam aduan yang bagus memiliki satu minyak-minyak dan tidak cabang. Konon ciri yang satu ini sangat berkaitan terhadap mental ayam aduan.

16. Sisik Kaki Kering dan Memiliki Katurangan

Ayam dengan sisik kaki kering memiliki pukulan yang mematikan, selain itu pukulan yang dilesatkan lebih pedih dan sangat berefek terhadap lawan. Kemudian katurangan adalah bentuk ciri khusus pada sisik kaki ayam aduan yang dipercaya memiliki keunggulan.

17. Jari Kaki Panjang

Bentuk jari ayam aduan pukul mati ialah panjang dan merit, ayam yang memiliki jari yang panjang akan lebih akurat ketika melakukan pukulan. Kemudian jari yang panjang menandakan jika ayam aduan itu adalah ayam bangkok asli dan bukan hasil persilangan.

18. Kuda-kuda Kaki Menekuk

Kuda-kuda yaitu posisi ayam ketika sedang tegak. Apabila pada bagian lutut ayam menekuk berarti menandakan jika ayam aduan tersebut memiliki pukulan yang kuat dan mematikan.

Itulah pembahasan dari Sabung Ayam Online mengenai Ciri-ciri Pukulan Ayam Aduan Bangkok Yang Mematikan . Semoga pembahasan ini dapat dengan mudah dimengerti dan dapat dijadikan pedoman bagi Anda dalam memilih ayam bangkok jawara yang berkualitas. Semoga menjadi berguna dan bermanfaat untuk para pecinta ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *