BERITA SABUNG AYAM

Beberapa Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok

Ayam Pelung merupakan jenis ayam yang mempunyai suara kokok nyaring. Jenis ayam ini sangat digemari oleh para pecinta ayam, bahkan sampai dijadikan sebagai lahan bisnis dan dikembangbiakkan. Sebenarnya Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok tidak serumit yang dibayangkan. Secara garis besar sama saja dengan cara merawat ayam jenis lainnya. Hanya saja anda harus lebih memperhatikannya. Berikut ini Sabung Ayam Online akan memberikan informasi Beberapa Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok agar pecinta ayam tidak salah untuk merawatnya.

Beberapa Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok

1. Selalu Menjaga Kebersihan Kandang

Cara merawat ayam pelung yang pertama yakni dengan menjaga kebersihan. Kondisi kebersihan yang ada sangat mempengaruhi kondisi ayam pelung yang tinggal di kandang tersebut. Tingkat kenyamanan yang ada akan nantinya akan berhubungan dengan kualitas suara yang dihasilkan. Jika ayam pelung kurang sehat dan merasa stres karena kondisi kandangnya yang tidak terawat, maka ayam tersebut akan susah untuk mengeluarkan suara nyaringnya tersebut.

2. Menjemurnya di Bawah Sinar Matahari Pagi

Hangatnya mentari pagi akan merilekskan tubuh ayam pelung dan merangsang ayam pelung untuk belajar berkokok, sehingga lama kelamaan karena proses berlatihnya, maka akan menghasilkan suara indah. Cara mudah dan juga hemat tanpa mengeluarkan biaya. Hanya tinggal niatnya saja dipupuk.

3. Memberikan Pakan yang Sehat dan Secara Teratur

Pakan yang sehat akan sangat menentukan proses pertumbuhan bagi si ayam pelung yang sedang dipelihara. Dan sebaliknya jika memberikan makan asal – asalan maka ayam tersebut juga akan tumbuh seadanya. Mungkin saja juga tidak akan mampu untuk menghasilkan suara yang baik. Selain memberikan makanan yang sehat, tentu saja wajib melakukannya secara teratur. Percuma saja jika anda memberikan makanan sehat tidak diimbangi dengan intensitas yang baik, maka ayam tersebut juga akan tumbuh kurang maksimal.

4. Berikan Minum yang Cukup

Air merupakan sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup. Tanpa adanya air tubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Ayampun juga akan merasakan seperti demikian layaknya manusia. Jangan lupa selalu sediakan air ya sobat untuk minum ayam pelung. Minimal sehari anda periksa 2 kali. Takutnya air yang anda sediakan tumpah akibat gerak ayam pelung yang memang gesit.

5. Pemberian Vitamin

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan vitamin, ayam pelung pun juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kebugaran tubuhya.

6. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan memang sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh bunyi kokok yang dihasilkan. Anda bisa memegang bagian kaki dan sayapnya, kemudian celupkan ke air secara perlahan dan angkat secara berulang cara tersebut.

Demikianlah informasi dari Sabung Ayam Online mengenai Beberapa Cara Merawat Ayam Pelung Agar Rajin Berkokok. Semoga penjelasan di atas menjadi berguna dan bermanfaat untuk para pecinta ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *